Minggu, 12 Mei 2019

WISUDA PURNAWIYATA SMAN 1 MARON 2019


 Sebanyak 66 siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Maron, terdiri dari 3 kelas IPA dan IPS nampak bergembira dan antusias mengikuti prosesi Wisuda Purnawiyata Angkatan ke-11 Sabtu 04 Mei 2019, di Gedung Wijaya Maron Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.
Acara dimulai pukul 09.30 WIB. Yang mana satu jam sebelumnya adalah pra-acara yang diisi dengan performance dari siswa-siswi SMAN 1 Maron. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, yang dibawakan oleh ananda Husnun Nisa’. Acara kedua, kirab wisudawan dan wisudawati.
Tampak pada wisudawati mengenakan kebaya muslimah. Sedangkan para wisudawan mengenakan jas berwarna hitam dan berdasi. Mereka berbaris rapi memanjang, memasuki aula Gedung Wijaya dengan didampingi oleh wali kelas masing-masing. Di depan barisan ada pasukan paskibra ‘Pasbarama’ yang mengiringi kirab dengan gagah. Alunan elekton lagu ‘Syukur’ membuat kirab terasa hikmat.
Acara berikutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan performance LKBB Dance oleh paskibra SMAN 1 Maron. Rangkaian acara wisuda purnawiyata ini terus berlanjut dengan beberapa sambutan-sambutan dan hiburan dari siswa-siswi SMAN 1 Maron.
Ketua Panitia, bapak Toniman, S.Pd menyampaikan bahwa acara ini adalah keinginan dari anak-anak untuk mengadakan acara yang berkesan. Acara menciptakan momen penuh kenangan, penuh kebersamaan. Sejalan dengan tema yang diangkat ‘Melangkah Bersama Menuju Masa Depan Gemilang’. Kami guru-guru hanya menfasilitasi.
Kepala SMAN 1 Maron, bapak Tjahjo Dwi Poetro, S.Pd dalam sambutannya beliau menyampaikan, “ kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua bapak ibu guru, yang semua telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan dengan penuh kesungguhan. Semoga kesungguhan ini dapat diterima sebagai anugrah dari yang maha kuasa. Saya juga mengajak bapak/ibu guru untuk meningkatkan kualitas anak didik. Juga saya minta partisipasi dari semua pihak utamanya walisiswa untuk membantu kami, guna meraih prestasi yang lebih gemilang”.
Beliau juga menyampaikan, ”Kalian memang telah menyelesaikan belajar secara formal di SMAN 1 Maron ini, tapi itu bukan berarti kalian telah selesai dan mengakhiri belajar. Jangan kalian merasa cukup dan bangga dengan predikat kelulusan yang telah kalian raih pada saat ini. Kami berharap kalian bisa terus belajar ke jenjang yang lebih tinggi, sesuai dengan bakat yang kalian miliki masing-masing”,  tegasnya.
Lanjut kepala sekolah berpesan, “Bagi yang akan meneruskan ke perguruan tinggi. Semoga cita-cita kalian tercapai dengan baik. Ukirlah prestasi dan nama baik kalian. Yang tentunya juga akan mengharumkan nama baik almamater sekolah SMAN 1 Maron”, pintanya.
“Untuk anak-anakku, yang karena suatu hal tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Kami juga berdoa, semoga apa kalian peroleh bermanfaat. Kalian juga bisa belajar walaupun tidak secara formal. Karna ilmu Tuhan amatlah luas. Kita harus belajar sepanjang hayat. Kita manfaatkan teknolgi digital di era revolusi industri 4.0 ini”, harapan kepala SMAN 1 Maron.
Sementara itu, Ketua Komite SMAN 1 Maron, Bapak Haris berharap wisudawan-wisudawati membawa almamater bisa menjadi lebih baik. “Kesuksesan anak-anak juga akan menjadi kesuksesan SMAN 1 Maron. Tentunya setelah lepas sekolah ini, anak-anak akan bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Untuk anak-anak yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya nanti akan mencari kemandirian, bekerja mandiri, atau di perusahaan. Dengan ilmu yang telah didapatkan di SMAN 1 maron mungkin bisa menjadi suatu kiat untuk lebih berprestasi” pesannya.
Selanjutnya beliau berpesan kepada bapak dan ibu walimurid. “Terimakasih, telah membimbing anaknya sampai selesai menyekolahkan di SMAN 1 Maron. Dan juga memohon untuk menjaga dan membawa almamater SMAN 1 Maron tetap jaya. Anak-anak walaupun telah lulus, agar tetap hormat dan menyapa pada guru ataupun kepala sekolah”, harapnya.
Pada kesempatan ini pula, terdapat 7 siswa berprestasi mendapat penghargaan dari sekolah. Siswa-siswi tersebut telah mengharumkan nama SMA Negeri 1 Maron dengan mengikuti berbagai perlombaan dan kejuaran selama menempuh pendidikan di SMAN 1 Maron. Meraka adalah Isnaini dengan 8 prestasi, Soniatus Sa’diyah dengan 6 prestasi, Moh Suhairi dengan 3 prestasi, Yoga Jaya Kusuma dengan 2 prestasi, serta Moh Nur Vendi, Luki Rahman dan Moh Saleh masing-masing dengan 1 prestasi. Piagam perhargaan diberikan langsung oleh kepala sekolah kepada siswa berprestasi tersebut.
Turut memeriahkan acara ini beberapa performance para siswa yaitu Grup Hadrah Alfurqon, Pencak Silat Pagar Nusa, Paskibra Pasbarama, Tarian Tradisional, dan Grup Paduan Suara 10 Bahasa, serta sumbangan beberapa lagu dari siswa kelas 10 dan kelas 12.
Kesan dan pesan dari siswa kelas 10 dan 11 diwakili oleh ketua OSIS SMAN 1 Maron, Sinta Kirana Darma. Dan untuk kelas 12 diwakili oleh Isnaini, kelas 12 IPA-2.
Puncak acara Wisuda Purnawiyata ini adalah prosesi pengalungan para wisudawan dan wisudawati oleh kepala sekolah dengan didampingi oleh walikelas. Bapak Rudi Hartono sebagai walikelas 12 IPA-1, Bapak Buasin sebagai walikelas 12 IPA-2, dan Ibu Vidya sebagai walikelas 12 IPS.
Usai pengalungan Gordon, adalah paduan suara dari seluruh siswa-siswi kelas 12. Dengan menyanyikan lagu Terimakasihku, Semua Tentang Kita, dan Sayonara. Dan dilanjutkan dengan salam perpisahan dengan bapak ibu guru. Lalu sungkeman dengan bapak ibu orangtua/walimurid mereka. Momen penuh emosional, tangis, dan air mata sedih campur bahagia wisudawan-wisudawati. Hingga acara berakir pukul 12.00 WIB, kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama. ™



2 komentar:

Alhamdulillah acara Purnabakti SMAN 1 Maron berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Mudah mudahan tahun depan bisa lebih baik lagi. Ini semua adalah berkat kerjasama serta kreasi dan inovatif keluarga besar smaron dan siswa siswinya."MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA"
Teruslah berkarya dan berinovasi.........
Selamat Jalan ........
kejar cita-citamu......
dan teruslah berjuang.......
Doa Bapak/Ibu guru menyertaimu..........
Aamiin......

Alhamdulillah sukses..... semoga menghantarkan anak anak menjadi hebat dan sukses....